Sabtu, 19 April 2014

Namanya Zulfajri


Ketika pertama kali gue bertemu dengan anak ini, gak pernah terpikir bahwa anak ini bisa bikin gue berdecak kagum.

Namanya Zulfajri. 10 tahun.
Nama panggilannya Zul. Kelas 5 SD.

Dia salah satu murid gue di sebuah lembaga bimbingan belajar tempat gue kerja.
Sekilas Zul memang terlihat seperti anak-anak SD pada umumnya. Mungkin kita sudah biasa yah, melihat anak yang mahir banget berbahasa Inggris, atau mahir dalam mata pelajaran matematika. Nah si Zul ini lebih dari itu, selain dia emang pinter di pelajaran matematika dan IPA, dia ini punya wawasan yang luas banget, yang kedengarannya terlalu ‘waw’ untuk dimiliki anak seusia dia.
Awalnya, pertama kali gue ngajar dia, saat itu mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia. Dia dengerin dengan muka serius setiap omongan gue. Saat itu gue Cuma mengajar 2 siswa. Zul dan Andri. Mereka berdua les nya pagi hari, karena sekolahnya masuk siang. Jadi setiap gue ngajar kelas mereka, muridnya ya cuma mereka berdua.
Terus di beberapa menit terakhir jam belajar, gue nyuruh Zul dan Andri bercerita. Bercerita tentang apapun, tentang kisah-kisah pahlawan atau cerita rakyat yang mereka ketahui. Awalnya gue nyuruh Andri untuk bercerita. Tapi dia malu-malu, kebingungan gitu sambil senyam-senyum. Gue nggak maksa. Akhirnya gue meminta Zul yang bercerita. Dia mengangguk mantap.

Dengan muka polosnya dia bilang mau cerita tentang kisah Abunawas.

Oke akhirnya gue mendengarkan dia bercerita, mendongeng lebih tepatnya.
Ketika anak ini ngomong, gue langsung antusias ngedengerin apa yang akan dia ceritakan. Beberapa menit dia cerita, gue langsung ‘amaze’ banget sama Zul. Kata-kata yang dia ucapkan, gayanya berbicara, sumpah itu dewasa banget. Lancar banget dia ngedongengnya. Bener-bener kayak orang yang udah mahir public speaking. Diksi (pilihan kata) yang dia pakai, cara dia mainin intonasi suara, semuanya seperti belum pantes dilakukan oleh anak kelas 5 SD.

Contohnya, dia selalu membahasakan dirinya dengan sebutan ‘Saya’. Terus juga saat itu dia menggunakan kata-kata seperti; solusi, efektif.
Perbendaharaan katanya canggih banget meeen untuk anak seusia dia.
Ketakjuban gue belum cukup sampai disitu.

Beberapa minggu sebelum pemilu 9 April. Ketika gue lagi ngajar matematika, mereka berdua (Zul dan Andri) sedang gue suruh mengerjakan soal. Tiba-tiba Zul bertanya sama gue.
“Miss Ega nanti pemilu udah tau mau pilih caleg dari partai mana?’

Gue langsung cengo.

Bukan karena bingung mau ngejawab apa, tapi karena pertanyaannya itu lho guys.
Terus gue jawab , “udah sih, cuma belum pasti. Masih bingung. Emangnya kenapa Zul?”
Tanpa melepas pandangannya dari buku, Zul berkata, “pokoknya jangan milih caleg atau partai yang pake money politik, Miss”

JRENG JRENG!!

Kebayang gak sih, anak umur 10 tahun bisa ngomong kayak gitu?
Awalnya gue bergumam dalem hati ; ah nih anak omongannya sok dewasa dan sok ngerti banget. Paling kata-kata itu dia denger dari TV. And you know what! Ternyata gue keliru

Akhirnya gue memutuskan untuk ngajak ngobrol Zul perihal kalimat terakhirnya tadi. Gue penasaran aja sama bocah satu ini. Dan… oh my God, guys. Setelah gue ngajak dia ngobrol banyak hal. Ternyata..
Dia hapal partai apa aja yang ikut pemilu tahun ini, dia tau ketua umum partai mana yang punya kontribusi paling oke buat Indonesia. Dia bilang money politik itu pelanggaran dan gak baik. Bahkan dia nyeritain ke gue, tentang jokowi yang menurutnya belum pas untuk nyapres. Pendapat-pendapatnya itu dia ceritakan dengan gaya khas anak SD sih, Cuma kok menurut gue terlalu berat yah untuk dibahas sama anak seusia Zul.
Lalu dia juga sempet nanya ke gue tentang masa pemerintahan orde baru, dia minta gue nyeritain tentang masa pemerintahan Soeharto, terutama di akhir masa kepemimpinannya yaitu tahun 1998.
“Miss Ega, dulu itu waktu kerusuhan tahun 1998, gimana sih awalnya..”

Well..
Gue pun ceritain sekilas tentang semua itu sebatas yang gue tau aja.

Otak gue udah terlanjur dibuat shock sama anak ini.
Awalnya gue mikir, jangan-jangan Zul ini sebenernya adalah orang dewasa yang terjebak di tubuh anak kecil. Macam cerita Detective Conan gitu deh. Hahaha.

Beberapa pertemuan berikutnya, gue semakin interest sama anak ini, selain dia emang pinter dalam banyak mata pelajaran, dia juga pinter banget diskusi, pinter ngomong, rasa ingin tahunya besar banget, dan  berani pula. Gue gak pernah bertemu anak seumur dia yang punya rasa ingin tahu sebesar itu, pola pikirnya yang dewasa, dan secerdas dia.
Maka dari itu saking penasarannya gue, gue sempet nanya-nanya tentang dia. Zul rumahnya dimana, asli orang mana dan segala macem. Dan seperti dugaan gue, setiap apa yang gue tanyakan, gak akan dia jawab singkat seperti anak SD kebanyakan. Dia jawab pertanyaan gue dengan panjang lebar, dengan lengkap, dengan penjelasan-penjelasan yang detail banget.

Ternyata, dia itu lahir di Sulawesi. Dia nyebutin nama daerah nya gitu sih, cuma gue lupa. Kemudian ketika umur 4 tahun, dia pindah ke Kalimantan, Ayahnya dipindahkan kerja disana. Dia pun di Tangerang belum ada 2 tahun. Pindah ke Tangerang ketika kelas 4 SD. Makanya dia sempet cerita tentang perbedaan bersekolah di Kalimantan dengan di Tangerang. Dia juga cerita serunya waktu tinggal di Kalimantan itu.

Jadi tempat tinggal dia itu adalah daerah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia. Zul cerita, dia pernah melewati batas wilayah Indonesia dan Malaysia yang di jaga ketat sama tentara Malaysia. Malaysia punya semacam alarm di daerah perbatasan itu, kalau ada orang dari Indonesia yang melewati garis batas, alarmnya akan berbunyi, dan tentara Malaysia akan langsung sigap menangkapnya.
Zul cerita, suatu hari dia lagi main dengan teman-temannya didaerah situ. Lalu dari kejauhan dia melihat ada bendera Malaysia yang berkibar tinggi banget. Nah dia jalan terus ke jalan setapak yang hampir mau ke hutan sama teman-temannya. Kemudian gak lama ada bunyi alarm kenceng, dan 2 tentara Malaysia tiba-tiba muncul dihadapan Zul dan teman-temannya itu. Mereka ditanya-tanya sebentar, lalu disuruh pulang dengan segera.
Sehabis cerita hal itu, bisa kalian bayangin hal-hal berikutnya yang akan si Zul bahas sama gue.
Yaps, dia tiba-tiba ngomong tentang sistem pertahanan Indonesia yang menurutnya lemah.
“Malaysia daerah perbatasan darat nya aja di jagain tentara. Indonesia gak ada yang jaga Miss. Payah yah.”
Selanjutnya pembahasan dia semakin melebar. Soal budaya Indonesia yang waktu itu dicuri Malaysia lah, soal pemerintah Indonesia yang gak tegas lah, soal  masyarakat Indonesia yang kebanyakan lebih bangga sama hal-hal yang berbau lauar negri lah. Malah sempet gue mikir, Zul kamu nanti jadi presiden aja deh kalau gitu. Hahahaha. Tapi dia cita-citanya jadi dokter katanya. “jadi dokter itu keren”, gitu kata dia. Hahaha dasar bocah.

Duh pokoknya banyak deh yang sering Zul obrolin, ga mungkin gue ceritain semua detailnya. Yang pasti, dengan usianya yang baru 10 tahun itu, wawasannya luas banget. Kadang dia suka bahas bola, timnas, atau games gitu. Kadang nanya-nanya tentang kuliah gue, tentang lagu. Ah pokoknya banyak nanya deh ni anak. Cuma gue suka setiap apapun yang dia tanya. Itu pasti bisa ngasih gue ilmu baru dari penjelasan-penjelasan dia.

Bukan Cuma itu.
Zul adalah anak yang sopan dan nurut, terutama sama guru. Dia gak pernah ngeluh atau protes kalau dikasih PR dan disuruh ngerjain soal. Disaat temannya si Andri ngeluh ga mau ngerjain soal dari gue karena menurutnya soalnya susah, gue inget banget Zul malah ngomong begini;
“kerjain dulu Andri, jangan ngeluh, coba kerjain dulu.. jangan dulu bilang susah..”

Tuhaaan….

Dan satu hal lagi yang bikin gue gak abis pikir betapa anak ini istimewa banget di mata gue adalah , cara dia bersikap sama temannya. Mengayomi banget Guys. Dewasa banget.

Contoh gini,
temannya si Andri itu kadang suka marah-marah kalau pulpennya macet, atau rautannya tiba-tiba ga ada ditasnya, Zul akan dengan setulus hati nolongin, sambil bilang ;
“jangan marah-marah dulu Andri, sini gua cariin..”,
atau ..
“nih pake pulpen gua, gua bawa dua..”

Atau yang paling gue inget ketika, pernah suatu hari si Andri gue marahin karena dia gak mau diem dikelas, lari-larian kesana kemari. Eh setelah itu dia ngambek. Dia diem aja. Bahkan gue suruh ngerjain soal pun dia gak kerjain. Wah nih anak ngambek nih. Pikir gue. Gue tanya, gue ajak ngobrol, gue becandain, dia tetep diem aja. Malah nunduk terus. Eh, saat itu si Zul bilang begini;
“Andri jangan ngambek dong.. kenapa sih? Gak boleh begitu sama Miss Ega..”

Zul ngeliatin wajah Andri yang masih cemberut nunduk.

….

Nih foto Zul yang sempet gue ambil disela-sela gue mengajar. Hehehe.



Suatu hari entah kapan, gue pengen banget bisa ketemu anak ini saat dia udah besar, udah lulus kuliah, udah kerja, atau bahkan udah jadi dokter seperti cita-citanya. Amiin. Gue penasaran akan seperti apa dia dimasa depan kelak. Gue penasaran Zul bakal jadi orang seperti apa nantinya. Apakah seistimewa Zul yang sekarang? Apakah sehebat Zul di mata gue sekarang?
We will see.
;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar