Sabtu, 19 April 2014

Ada Apa Dengan Cinta?

Gue ga pernah ngerti kenapa film ini selalu berhasil bikin gue senyam-senyum sendiri kalo nonton.
Ya, bahkan sampe sekarang!
gue masih ngefans sama film ini sampe sekarang!



Pertama kali gue tahu film Ada Apa Dengan Cinta tuh waktu gue kelas 6 SD.

Ketika itu, perfilman Indonesia baru bangkit lagi.
Tentu aja film ini langsung heboh dimana-mana.
Film yg disutradarai oleh Rudi Soejarwo, dengan produser Mira Lesmana dan Riri Riza, yang sebelumnya juga memproduksi film Petualangan Sherina.
Petualangan Sherina pun cukup laris dan diminati banyak penonton Indonesia, khususnya anak-anak.
Nah, karena saat itu gw masih terhitung anak-anak, gue tahunya ya film Petualangan Sherina.

Sempet beberapa kali denger kakak gue heboh ngomongin film yg biasa disingkat 'AADC' itu dengan temen-temennya, maklumlah pada zaman itu kakak gue emang lagi ABG.
Sampe dia beli kaset soundtracknya.
Gue dengerin.
Dan.. Lagu-lagunya enak enak banget.
Gue suka.
Tiap hari gue dengerin.
lalu timbulah rasa penasaran gue sama filmnya.

Diakhir masa kelas 6 sd, gw nonton film AADC itu bareng temen gue yg entah dapet kasetnya darimana.
Pas nonton, gue banyak ga ngertinya, karena nontonnya gak fokus.
Ditambah lagi kasetnya bajakan. Gambarnya jelek. Goyang-goyang berantakan.
Yaudah gak kita lanjutin.
Perkenalan dengan AADC pun cukup sampai disitu.

Awal SMP,
salah satu stasiun televisi swasta nayangin film ini. Gue pun nonton dengan penuh rasa penasaran.
Lalu..
gue langsung jatuh cinta.
Film ini bikin gue senyum-senyum kayak orang lagi jatuh cinta, bikin gue nangis karena kisah persahabatannya, bikin ketawa karena hal-hal bodoh didalamnya.

Film ini yg pertama kali bikin gue tau sama aktris sekece Dian Sastro dan aktor se-waw Nicholas Saputra.




Gue, yg ketika itu masih SMP, beranggapan bahwa film ini keren. Drama nya dapet. Akting pemainnya natural banget.
Ditambah soundtracknya yg pas dan menyentuh.
Pokoknya gue suka sama film ini.
Ceritanya remaja banget.
Sampai beberapa kali tayang di TV, gue selalu nonton.
sampe gue SMA, sampe gue udah kuliah, gue kadang masih suka nonton. Sampe akhirnya punya sendiri filmnya di laptop. Hehehe
Dan jadi bagian terpenting yg ada dilaptop yg ga boleh dihapus.
...

"Bukannya aku mau berbagi nasib, nasib adalah kesunyian masing-masing"

Itu kutipan puisi Chairil Anwar yg ada di film AADC, yg diucapkan Rangga dan Cinta secara berbarengan.
Ini salah satu scene favorite gue, saat Rangga dan Cinta mulai baikan.

kata-kata yg cukup terkenal dari film AADC adalah bahasa-bahasa gaulnya, yg ketika itu GAHOLLL banget, yg sangat nge-Hits di kalangan ABG ABG. Seperti;

"Terus salah GUE? Salah TEMEN-TEMEN GUE?"

(Bentar, gue mau ketawa dulu).

Ehm! Lanjut.

Dan saat itu pun.. Bagi anak-anak SMA, ke sekolah pake kaos kaki panjang hampir selutut, rok diatas dengkul, terus nge-Genk, itu sangat ngetrend.
Sangat gaul.

Belum lagi beberapa dari mereka yg sengaja manjangin rambut, dan disekolah kemana-mana bawa kipas tangan bergambar power popgirl. Persis Cinta.
Hahahaha.

Terus gini..
Saking ngefans nya gue sama film AADC, gue sampe hafal semua dialognya.

Iya. Semuanya!

Terutama adegan Rangga dan Cinta.
Adegan pertama kali ketemu di perpus.
Adegan marah-marah didepan ruang mading, yg dengan logat gaulnya Dian Sastro bilang: "Elo, mau diwawancara sekarang? BASI!! MADINGNYA UDAH SIAP TERBIT!!"
Terus Rangga pergi dengan gaya cool nya.



Atau adegan Rangga dan Cinta ke kwitang nyari buku. Terus mereka berdua marah-marah (lagi) karena Cinta harus nonton konser PAS BAND sama temen-temennya.
"Yaudah sana susul temen-temen kamu. Bisa pulang sendiri?"
"Apa tuh maksudnya?"
"Ya.. Perempuan kayak kamu gapantes aja jalan ditempat begini sendirian"
Cinta natap Rangga galak, lalu jawab:
"Perempuan kayak gue? Perempuan kayak gimana tuh maksud lo?"


Adegan di kwitang itu favorite gue juga. Hahaha

Terakhir gue nonton film ini (lagi) sekitar 3bulanan yang lalu.
Lagi buka laptop, terus gatau kenapa tiba-tiba pengen aja gitu nonton lagi.
seru aja, liat adegan per adegannya.
Masa-masa sekolah yg fun,
Ketawa-ketawa nyaring khas ABG,
adegan Cinta ngejar Rangga ke Bandara..
Terus lari-lari berisik sama 4 sahabatnya.
Duh.. :D hahaha

dan yg gue amati yah, setelah munculnya film AADC, bermunculan juga tuh sinetron dan FTV sejenis anak sekolahan, berseragam putih abu-abu.

Bahkan..
Ada banyak sinetron atau ftv, yg pada saat klimaks, itu ngikutin banget adegan di AADC.
Contoh:
Ceritanya pemeran cowok/cewek akan pergi keluar negeri, terus pasangannya ngejar ke bandara, lari-lari untuk nyatain cinta atau nyatain penyesalan dan kata maaf.

Hmmmffh.

film AADC yg settingnya saat itu di tahun 2002, tentu masih sesuai.
Cinta ngejar Rangga ke bandara untuk minta maaf dan mencegah Rangga pergi, dia gamau sampai terlambat.
Pada masa itu jarang anak sekolah yg udah punya handphone sendiri. Jadi susah komunikasinya.
Lah kalo dijaman sekarang pakai adegan kayak gitu yah udah ga cocok.
Misal nih kalo sekarang ketika ada seseorang mau mencegah orang lain pergi, atau minimal mau ngmong sesuatu dulu sebelum orang itu pergi, ya mbok sms ajaa gitu, telpon! Bilang, " jangan dulu pergi. Tungguin aku! Aku lagi dijalan nyusul kamu"
Gitu aja repot.
Gausahlah lari-lari di bandara nyari-nyari orang dengan muka desperate. Buang-buang tenaga! Sok dramatis.
Hahaha

Ohya dan gue juga sadar yah,
Bahwa bahasa dan dialek si Cinta and the Genk di film ini sungguh berlebihan.
Gaul maksimal!
Gue juga suka ngakak dan geli sendiri liatnya.
Mungkin kalo sama anak jaman sekarang bakal dibilang 'alay'

Tapi seberapapun alay dan jadulnya, film ini akan selalu punya tempat dihati gue.

Film yang bikin gue jadi suka nulis puisi,
Yang bikin gue tertarik sama buku 'AKU',
Yang ngajarin tentang kejujuran pada diri sendiri,
dan terutama..
ngajarin tentang nilai-nilai persahabatan ;)


Jadi buat kalian yg belum nonton film ini atau mungkin lupa-lupa inget sama filmnya, silakan nonton ulang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar